Review Perjalanan Ngeblog Selama Satu Tahun

Alhamdulillah kurang lebih satu tahun telah "kembali" berkecimpung di dunia blogging dan internet marketers. Kali ini saya akan coba mereview kisah  yang saya hadapi dalam setahun ini. Sebelum mereview setahun perjalanan di dunai blogger, yang belum mengenal saya, saya adalah seorang warga Indonesia yang menjadi abdi negara yang saat ini sedang tugas belajar di salah satu perguruan tinggi kedinasan yang ada di Yogyakarta.( baca http://webwisata.com/daftar-lengkap-tempat-wisata-di-yogyakarta.html)


Kesempatan untuk kembali ke tanah Jawa, khususnya Yogyakarta, tak saya lewatkan untuk belajar sesuatu hal yang dulu pernah saya tekuni semasa lulus SMA. "Ngeblog dan Internet". Memang jauh menyimpang dari tugas dan pelajaran yang ada di kampus sekarang ini. Saya tahu bahwa Jogja adalah salah satu kota yang mencetak dan tempat berkumpulnya internet marketer yang sudah sukses. Dulu setelah lulus SMA mengagumi mas Ahmad Isnaini, dan temen temennya dan saya ingin sekali menjadi salah satu dari mereka. Semoga.

Oke sedikit review saya setahun setelah kembali berkecimpung di dunia internet:
1. Salah satu program yang pertama kali saya ketahui di dunia internet adalah google adsense. Ya, salah satu produk dari raksasa google. Pada tahun 2013 kemarin saya pun melihat beberapa teman saya yang sekarang cukup sukses di Google Adsense dan saya putuskan untuk mencoba terjun kembali pada progam itu.

2. Alhamdulillah saya telah mempunyai akun adsense dari tahun 2007 yang belum pernah payout. Cukup lama akun ini saya biarkan. Untuk mendapatkan satu akun Adsense sekarang cukup sulit, karena harus melalui beberapa review untuk menjadi akun yang full Approve yang bisa dengan mudah kita pasang ke blog / website.

3. Dan pelajaran pun dimulai. Mencoba membuat akun di forum publisher Indonesia yaitu ads-id.com, saya memulai membaca baca dan mempraktekkan semua yang ada di trid ads-id itu. Ya, ads-id adalah guru pertamaku dalam mengarungi kejamnya dunia maya (lebay :p). Akhirnya saya putuskan untuk membuat blog bahasa Indonesia dengan CMS wordpress selfhosted dengan domain. 

4. Singkat cerita dengan target yang tidak terlalu muluk untuk seorang newbie yaitu 3 bulan harus payout pertama dari Adsense dan ternyata gagal, saya membutuhkan waktu 4 bulan untuk mendapat PO pertama. Padahal sebelumnya akun adsense tersebut sudah terisi $25. Jadi untuk mendapatkan $75 harus melalui 4 bulan atau sekitar 0.625 per hari.

Dalam waktu 3 bulan itu saya juga ikut kopdar dari komunitas blogger seperti KBJ ( Komunitas Blogger Jogja), KBC (Kudus Blogger Community), ketemu dengan beberapa guru seperti uda F, Om Yasirli Amri dan teman teman lain , meng " add as friend" beberapa orang yang berkecimpung dalam internet marketer sehingga timeline yang semula penuh dengan status seperti "peng****an ta**h" "proyek P***A" dan lain sebagainya berubah menjadi penuh dengan status tentang Search Engine Optimization, Cara meningkatkan trafik blog dsb.

5. Waktu terus berjalan dan alhamdulillah setelah setahun ini saya mempunyai blog sekitar 7 blog utama yang semuanya masih imut trafiknya yang cukup untuk membuat dapur tetap mengepul dan telah melebihi gaji bulanan yang saya terima. Alhamdulillah

Terlihat mudah bukan cerita diatas??. Ya karena tidak saya bumbui dengan beberapa masalah sepeti susahnya koneksi internet, tidak bisa fokus (kuliah dan ngeblog secara bersamaan) ,beberapa blog yang tidak berkembang, trafik yang turun, menghabiskan waktu didepan laptop selama berjam jam begadang untuk membaca, menghasilkan artikel, post dan edit blog yang pada saat bersamaan teman teman asrama (saya tinggal diasrama) menikmati waktunya dengan santai. Tapi inilah jalan yang saya pilih. Semoga jalan ini akan menuntunku ke rejeki yang lebih berkah dan bisa lebih mendekatkan diri dengan sang pencipta dan tentunya keluarga (Orang tua dan Calon istri kelak) Aamiinnn... 

Dan tahun kedua ketiga dan tahun seterusnya saya akan tetap belajar dan berusaha di beberapa program internet marketing lain dan akhirnya membuat suatu produk baik produk digital maupun fisik yang bermanfaat, bisa merekrut dan bekerja sama dengan beberapa saudara yang belum berkucukupan. 


Previous
Next Post »